Masalah Lampu Motor Mati Sebagian Maupun Total

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh.

Pada kesempatan ini, saya akan berbicara tentang lampu, tepatnya lampu motor.

Lampu, adalah elemen yang bisa dianggap penting dalam kendaraan. Sebab pada malam hari kita mengandalkan lampu dari kendaraan yang kita naiki. Tapi bagaimana jika lampu kendaraan sampai putus atai tidak nyala?

Pengalaman saya waktu berkendara dijalan bisa saya ceritakan di Artikel ini, sebagai referensi dan pengetahuan ringan saja dan semoga bisa bermanfaat.

Ada beberapa hal yang terjadi pada lampu tersebut. Yaitu :

1. Lampu Mati Sebagjan

Hal ini bisa dikatakan masih aman maupun tidak aman. Tergantung dari bagian mana yang mati. Kita ambil contoh motor Honda Vario 125 Injeksi. Motor ini memakai 3 bohlam sekaligus untuk lampu belakang saja. Itu belum termasuk lampu sein lho ya. Apabila bagian lampu yang mati adalah satu bagian yaitu sisi kanan atau kiri, dan bagian tengah masih nyala. Bisa digolongkan dalam kategori aman.

Karena pada saat Riding, pengendara lain dibelakang anda bisa mengetahui keberadaan anda dengan melihat lampu belakang anda. Dan pengendara lain pun bisa menjaga jarak dengan motor anda. Sehingga pada saat anda mengerem, pengendara yang lain bisa lebih awas dan kemungkinan tidak panik.

Namun apabila lampu yang mati adalah bagian tengah, bisa berbahaya. Mengapa? Karena lampu bagian tengah adalah lampu yang selalu nyala saat motor dinyalakan dan pada saat jalan. Sehingga apabila sampai lampu tengahnya mati, maka pengendara lain tidak mengetahui keberadaan anda apabila keadaan jalan terlalu gelap.

Yang ditakutkan adalah waktu mengerem, mengapa? Karena saat motor dalam keadaan mengerem, lampu baru menyala, yaitu lampu rem kanan dan kiri yang memang hanya akan menyala jika motor direm. Sehingga pengendara dibelakang anda bisa terkejut dan panik.

2. Lampu Mati Total

Ini adalah kondisi yang cukup bikin sebal, karena seperti pada nomor 1 tadi. Motor yang lampunya mati sebagian bisa dikategorikan aman. Tapi kalo lampu motor anda mati semua? Bagaimana?

Baik saat jalan maupun mengerem, pengendara lain dibelakang anda tidak bisa melihat keberadaan anda, sehingga ada potensi panik serta kaget secara bersamaan. Riding, lampunya mati. Mengerem, lampunya juga mati. Serba salah bukan?

Saran yang ingin saya sampaikan adalah :

Pertama, selalu cek nyala lampu kendaraan anda sebelum berkendara. Ini penting karena apabila ada bagian lampu yang mati, bisa langsung diganti.

Kedua, sesegera mungkin ganti lampu yang mati tersebut. Seperti contoh yang saya sebutkan tadi yaitu Honda Vario 125 yang memiliki 3 bohlam lampu belakang. Apabila bagian yang mati adalah satu bagian saja, baik kanan atau kiri. Mungkin bisa diundur dulu. Dan apabila bagian yang mati adalah lampu tengah, sesegera mungkin diganti karena bagian tengah itu yang paling penting.

Ketiga, jika perlu gantilah dengan bohlam yang kualitasnya baik agar lebih awet dan ujung-ujungnya lebih jarang diganti karena keawetan bohlam tersebut. Bahkan kalau perlu bisa diganti dengan lampu LED. Memang harganya tergolong mahal, namun keawetan lampu LED lebih baik, dan kemungkinan lebih hemat konsumsi listriknya.

Itulah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan Artikel ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semua orang. Apabila ada kesalahan dan kekurangan, saya mohon maaf.

Saya hanya seorang Mahasiswa biasa yang suka dengan otomotif.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berapa Biaya Perawatan Yamaha MX King 150 Selama 2 Tahun? Ini Detailnya

Bagaimana rasanya Yamaha MX King 150 setelah hampir 2 Tahun Pemakaian?

Biaya Perawatan MX King 150 Setelah 3 Tahun Pemakaian