Berapa Biaya Perawatan Yamaha MX King 150 Selama 2 Tahun? Ini Detailnya

Sepeda Motor merupakan alat transportasi yang paling populer di Indonesia. Karena harganya terjangkau untuk sebagian tipe, praktis, bisa nyelip-nyelip di kemacetan. Selain itu, sepeda motor sekarang ini saya rasa wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga, karena saat ini saja anak SMP bahkan SD sudah bisa naik motor sendiri. Nah, kali ini saya akan meceritakan beberapa pengalaman saya soal biaya maintenance atau perawatan motor yang saya pakai  sekarang, oke simak beberapa penjelasan ini :



Yamaha MX King 150
Yap, motor ini adalah yang saya pakai untuk aktivitas sehari-hari seperti kuliah, beli ini beli itu, tapi untungnya nggak pernah dipake buat angkut galon atau gas elpiji 3kg. Saya pilih motor ini karena beberapa alasan, yaitu :
-Tenaganya cukup besar
-Irit BBM
-Nyaman dipakai sehari-hari

Pertanyaan
-Berapa biaya perawatan motor ini?
-Apakah motor ini punya komponen yang mudah rusak?.

Jawaban Pertama

-Untuk perawatan wajib seperti servis dan ganti oli, biaya yang harus dikeluarkan yaitu :
Rp. 40.000 untuk 1 kali servis
Rp. 43.000 untuk ganti oli mesin 1 kali
Sedangkan untuk membeli beberapa part yang harus diganti atau dibersihkan 3-4 bulan sekali yaitu :
Rp. 35.000 servis injeksi 1 kali
Rp. 32.000 filter udara
Rp. 30.000 filter oli
Rp. 15-25.000 busi (saya lupa harganya)
Karena motor saya digunakan untuk kuliah dengan jarak PP 50km sehari, dan aktivitas lain sekitar 10-15km, untuk kuliah 5 hari dalam seminggu.

Jarak yang ditempuh motor saya dalam setahun Bisa dihitung dalam setahun yaitu :
60 x 20 = 1200km/ bulan
1200 x 2 = 2400km/2 bulan
2400 x 5 = 12000km/ tahun
Sedangkan bensin Pertamax dalam seminggu adalah Rp.50.000, sebulan adalah Rp.200.000 dan setahun mencapai Rp.2.000.000. Itu sudah termasuk untuk aktivitas selain kuliah ya.

Berarti dalam 2 bulan paling tidak servis sekali, dan wajib ganti oli serta servis rutin.
perawatan motor saya dalam setahun yaitu :
Servis 5 kali : 40.000 x 5 = Rp.200.000
Ganti oli 5 kali : 43.000 x 5 = Rp.215.000
Filter udara 3 kali : 32.000 x 3 = Rp.96.000
Filter oli 2 kali : 30.000 x 2 = Rp.60.000
Busi 1 kali : 20.000 = Rp.20.000
Pertamax 92 : 200.000 x 10 = Rp.2.000.000

Total : Rp.2.591.000 per tahun

Sedangkan penggantian part selama saya pakai 2 tahun ini yaitu :
-Komstir sepasang : Rp.190.000
-Bodi kanan depan, lampu sein kanan depan, foot step depan, tuas transmisi, dan injakan rem belakang : Rp.610.000
-Ban depan merek FDR Genzi Pro ukuran 80/90 : Rp.185.000
-Ban depan merek FDR Genzi Pro ukuran 90/80 : Rp.225.000 (baru ganti akhir tahun 2017)
-Ban belakang merek FDR Sport XR Evo ukuran 120/70 : Rp.390.000
-Oli Suspensi depan : Rp.15.000
-Rantai motor : Rp.65.000
-Kampas rem 1 pasang Rp.105.000 (kalo gak salah)

Total : Rp. 1.550.000 selama penggunaan

Jadi, selama saya memakai Yamaha MX King 150 selama 2 tahun lebih, Total biaya yang dikeluarkan untuk perawatan motor bebek 150cc ini adalah Rp.4.141.000. 
Itu belum termasuk mengganti air radiator karena saya lupa berapa harganya, cuci motor salju kalo perlu, isi nitrogen juga kalo perlu, ganti striping dsb.

Jawaban Kedua

Untuk part yang mudah rusak, ya semua motor pasti memiliki beberapa kelemahan, tidak ada yang sangat sempurna di semua sisi. Motor sekelas Ducati saja punya kelemahan kok, Nah kita kembali ke topik, ada beberapa sih di yang menjadi kelemahan di motor ini. Yaitu :

-Komstir yang mudak oblak kalo menghajar polisi tidur.
-Lampu utama depan mudah putus aliran listriknya, terutama untuk jarak dekat.
-Lampu sein yang kadang tidak berkedip karena kelistrikan terganggu.
-Spakbor bagian plat nomor (Bagian plastiknya, bukan besinya) mudah kendor karena mungkin pemasangan platnya yang agak keliru.
-Cover lampu depan yang kurang solid, namun pemasangannya sudah baik.
-Spion agak mudah terkelupas catnya karena goresan ataupun korosi bahan kimia.

Oke itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Apabila ada tambahan akan saya update lagi.
Sekian dan Terimakasih....

Komentar

  1. Gua udh pake 1,5 tahun, ganti ban depan Michelin. Radiator 1 x kuras, dan kampas rem belakang ud ganti 2 x (ori lho padahal). Depan 1 x. Injektor blum gua bersihin, msh ok aja kan pake Shell Super . Oli jg Shell Advance Ultra dan terkadang motul 5100, ganti oli tiap km 1200-1500. Filtet oli ud ganti 2 x. Udh itu aja.

    BalasHapus
  2. Siap gan, soalnya beda pemakaian beda perawatan juga hehe

    BalasHapus
  3. aq suda ganti ecu,kipas radiator,skok blakang,ban dpan belakang,rantai,air radiator ,pir seker,piringan belakang,kampas,stasioner,peakiam 3 tahum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah banyak juga ya bro, punya saya juga mulai sering ganti sparepart

      Hapus
    2. kalo boleh tau knp bos kok sampe ganti ecu?

      Hapus
  4. Benerin coumsterr sama rantai gan udah olengg harganya benerann segitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener gan, komstir harganya 190ribuan, standar dari Yamaha
      Kalo rantai belinya bukan ori dari Yamaha sih

      Hapus
    2. 190ribu sparepart aja ati udah sama ongkos pasang gan ?

      Hapus
  5. komstir ane udah 2 kali trouble, entah cuma harus dikencemgin atau memang harus ganti, tapi alhamdulillah klaher masih top.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya juga, pas habis ganti satukali trus aku tanya ke orang bengkel,kok motor saya agak gidek2. Katanya komstir masih oke, mungkin penyebabnya dari kompon ban yang ausnya gak merata hehehe

      Hapus
  6. Kalo mx king kata mekanik nta emang kalo dh 2thn emang harus ganti tu homestir, terus mesin yg suara kasar gak bisa alus itu aj kelemahan yg aq rasa, bener ama cover lampu depan bang gak bisa rapet spt saat blm dibuka tapi tuk keseluruhan ok, oh iya baranfkali ad yg nfalami kipas radiator sering tiba2 bunyi kencang, pada saat sedang jalan, jadi harus beehwnti n dimatikan 5 menitan baru normal lagi, udh ganti air radiator ,udh di cek di bwngkel si ok g ad masalah tapi saat dipakai kadang bunyi, walo gak sering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener itu, kadang beberapa problem gak gampang terlihat pas motornya kita pake.

      Hapus
  7. Bro motor ane udah 4 tahun udah banyak yang ganti nya, and tahun ini malah udah turun mesin, pemakaian baru 2 bulan gasket bocor sama klep kretek kretek lagi sama mesin udah kasar kenapa nya motor ane, oli pake pabrikan bahan bakar pake pertamax perjalanan lumayan sih perhari beratus ratus kilo tambah lagi shock depan udah bocor 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah banyak banget bro? Sampe turun mesin pula? Ya sebenernya itu dari penggunaan sama perawatan juga. Motor saya sekarang juga udah 4 tahunan udah lebih dari 60.000km dan kondisinya masih lumayan oke hehehe

      Hapus
  8. Bro..kenapa ya mx king saya klo di kontak on, spedometer.gak nyala dan starter elektriknya juga gak bisa tapi klo pakek starter engkol baru bisa nyala..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba deh pinjem aki temen yang normal.. kalo bisa ya berarti aki yg bermasalah

      Hapus
  9. Mx king banyak servisannya gimana?

    BalasHapus
  10. Salam orang baikku ......

    Nama saya Sartika Dewi dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Anda uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 80 juta Rupiah dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta pembayaran, saya membayar hampir 6 juta uang sehingga saya tidak mendapatkan pinjaman,

    Terima kasih kepada Allah, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dari REBACCA ALMA LOAN COMAPANY, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Rabacca Alma, dan saya menyerahkan 200 juta rupiah, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu yang baik dan dengan rahmat ALLAH. Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.
    Ny. Rebacca Alma, melalui email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
    Mrs. Rebacca Alma Nomor Whatsapp: +14052595662

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email:
    TESTIMONI OLEH Penerima Manfaat: Sartika Dewi
    Email: {sartika2dewi89@gmail.com}
    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Allah terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    Assalanualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  11. Motor saya YAHAMAHA MX150 udah mau jelang 6 tahun.. sampai skrg baik² cuma perjalanannya gk jauh😁
    kilo meternya saja baru 33489
    perjalanan yg ditempuh😊

    BalasHapus
  12. Yamaha mx king saya beli tahun 2017 beli baru...dan sekarang sudah tahun 2022 sudah 5 tahun umur motor saya baru ganti sparepart besar skok belakang yamaha asli 500.000 dan konesh depan 200.000, yang lainnya cuma rutin ganti oli dan filter dan 2 x ganti kampas rem, yah perkiraan saya selama 5 tahun service Rp 1.500.000 - Rp 2.000.000. Spare part lainnya tidak ada masalah, untuk km pemakaian baru sampe 13 ribu selama 5 tahun, padahal sering pulang surabaya wonogiri...bagaimana tanggapan teman2...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana rasanya Yamaha MX King 150 setelah hampir 2 Tahun Pemakaian?

Biaya Perawatan MX King 150 Setelah 3 Tahun Pemakaian