Bagaimana rasanya Honda Sonic 150R setelah 2 Tahun Pemakaian?

Honda Sonic yang saya coba adalah milik salah satu kawan saya satu kampung dan kebetulan sebelum review ini saya sudah lama mencobanya. Dan bagaimana kondisi dan rasanya naik Honda Sonic 150R yang sudah berumur 2 tahun ini? Apakah masih nyaman?
Berikut ulasannya
1. Posisi Berkendara

Seperti motor Ayago lainnya seperti Satria FU, setang yang dipakai oleh motor ini yaitu model jepit, otomatis posisinya sedikit lebih membungkuk daripada motor bebek biasa, karena saya lihat tinggi stangnya dibandingkan dengan MX King 150 saya bisa sampai lebih dari 5cm.
Yap, saya coba duduk di joknya, rasa joknya gimana? Lumayan kok walaupun agak keras sedikit dibandingkan MX King saya. Sedikit menjorok kedepan sih bentuk joknya, tapi itu tidak masalah toh saat dikendarai, suspensi belakangnya langsunf turun dan kemiringan bodinya jadi lebih landai.
2. Respon Mesin

Mesinnya sama kapasitasnya dengan MX King saya yaitu di kelas 150cc, bedanya mesin Sonic ini jenisnya DOHC. Saya coba di tarikan dibawah 6000rpm, tenaganya standar saja, tapi saat digas lebih dalam lagi langsung berasa. Memang umurnya sudah 2 tahun, namun mesin masih bagus tenaganya. Walaupun tercatat sudah lebih dari 27.000km jarak tempuhnya.
Ada hal unik yang beberapa waktu lalu yang sempat jadi pembicaraan banyak orang, yaitu kasus suara klotok-klotok di mesin Near Square Honda ini. Nah apakah kasus ini terjadi juga di motor kawan saya? Saya rasa ada suaranya itu, tapi samar-samar saja terdengar.
3. Ayunan Suspensi

Suspensinya masih tergolong enak walaupun sudah 2 tahun umurnya. Dibandingkan dengan MX King saya, suspensinya lebih enak untuk depannya. Sedangkan suspensi belakangnya saya rasa masih lebih empuk MX King saya.
Jika dilihat, suspensinya untuk ukurannya sendiri saya rasa cukup untuk perbandingan ukuran motornya juga, hehehe......

4. Handling untuk Belak Belok

Karena bobotnya lebih ringan dari MX King saya, sudah jelas dan sudah terasa lebih lincah dan didukung ukuran bannya yang standar motor bebek ayago yaitu 70/90 depan dan 80/90 belakang. Dan kebetulan bannya masih bawaan. Didukung pula bodi rampingnya yang serasa mungil ketika saya naiki.

5. Apa Saja Perubahannya.


Untuk sekilas dari luarnya, perubahan hanya behel belakang yang dilepas. Entah bagian dalamnya ada yang dirubah atau tidak, karena beberapa bulan yang lalu saya coba dan sekarang saya coba lagi. Tidak ada perbedaannya untuk feel berkendaranya.
Oke, saya kira itu dulu saja yang bisa saya ceritakan mengenai rasanya naik Honda Sonic 150R yang sudah berumur 2 tahun ini. Kalau ada yang keingetan lagi, saya tambahkan lagi artikelnya... Hehehe...
Sekian dan Terimakasih....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berapa Biaya Perawatan Yamaha MX King 150 Selama 2 Tahun? Ini Detailnya

Bagaimana rasanya Yamaha MX King 150 setelah hampir 2 Tahun Pemakaian?

Biaya Perawatan MX King 150 Setelah 3 Tahun Pemakaian