Bagaimana rasanya Yamaha MX King 150 setelah hampir 2 Tahun Pemakaian?
Selamat datang ke Blog saya, ini kali pertama saya membuat blog untuk.... ya.... sekedar Sharing ringan saja untuk anda semua. oh iya, kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya tentang motor yang saya tumpangi sehari-hari yaitu Yamaha MX King 150.
Saya sempat bingung, sebenarnya MX King itu turunan dari RX King atau Jupiter MX ya? bentuknya sih bebek, tapi juga ada aura sportnya gitu. Daripada lama-lama, mari kita bahas saja detail2nya.
Pertama soal Bodi, ini adalah bagian yang paling mudah dilihat oleh semua orang, Urusan desain memang selera masing-masing dengan gaya masing-masing. Saya suka desain motor yang Sporty ketimbang elegan atau retro. Nah, bodinya MX King ini terbilang masih "kokoh" dalam hal kondisi sekarang. Sebenarnya bodi sebelah kanan sudah saya ganti dengan bodi baru yang orisinil karena rusak habis jatuh. Sedangkan untuk kualitas catnya masih tergolong bagus untuk ukuran bodi plastik, memang tidak terlalu tebal, tapi setidaknya warnanya tetap terjaga.
Kedua, soal Mesin, mesinnya terbilang Galak bagi saya, karena saya sebelum memakai motor ini, saya memakai motor dengan cc lebih kecil yaitu Jupiter MX135 Lawas tahun 2008. Hanya saja saya juga merasa bahwa mesin ini sudah cukup untuk kegiatan sehari-hari, baik kuliah atau motor2an keliling ingkungan rumah. Memang kalo diadu sama Satria F bisa dibilang kalah dalam Performa, tapi ya suka2 orang yang punya motor dong.... Hehehe.
BTW, mesin ini masih standar pabriknya, saya nggak terlalu suka mengoprek motor di bagian mesin. Standar aja sudah cukup kok. Konsumsi BBM juga lumayan irit kok. Memakai Pertamax 92, kadang kalo lagi tipis dompetnya pakai Pertalite dan kalo lagi seneng ya Pakai Pertamax Turbo. Namun, yang saya rasakan ketika memakai Pertamax Turbo adalah mesin sedikit lebih cepat naik panasnya dibandingkan dengan mengunakan Pertamax 92.
Ketiga, soal rasa berkendaranya. Ini motor memang bentuknya Bebek Sport tapi terbilang tinggi ketimbang motor bebek pada umumnya. Beberapa teman saya juga pernah mencoba bilang bahwa Riding Feel nya lumayan enak. Untuk belak belok pun masih enak, namun agak terasa berat daripada Jupiter MX135 saya dulu. Ya iyalah motornya aja lebih besar..... Hahaha.
Selain lebih berat, faktor ukuran ban depan yang saya ganti lebih besar sedikit dari ukuran standarnya menjadi hal yang membuat beratnya handling bertambah. Setelah saya ganti pun toh lebih stabil dikendalikan, apalagi pada saat boncengan.
Keempat soal pindah gigi. Kalo urusan ini saya menilai perpindahannya lumayan cepat. memang sih lebih baiknya perpindahan gigi ini dibarengi sama mainin koplingnya. Koplingnya enteng bro! Karena saya dulu pernah nyoba kopling Honda Tiger 2000 dan lumayan berat juga. Kalo perpindahan gigi tanpa mainin kopling sih bisa, tampi jadi agak kasar jadinya. kasihan juga motornya.
Kelima, soal Handlingnya. Nah ini yang saya lumayan suka. Ban depan yang dulunya pakai IRC yang saya lupa tipenya apa, ukuran 70/90-R17 yang kontras dengan ban belakangnya yang 120/70-R17. Saya ganti pake FDR Genzi Pro ukuran 80/80-R17 dan belakangnya pakai FDR Sport XR Evo ukuran 120/70-R17. Handlingnya sesudah ganti ban menjadi lebih baik dan buat nikung juga lebih enak. Satu hal yang bikin kurang enak, yaitu Komstir. Komstir motor saya mungkin sedang rusak atau gimana, jadi waktu jalan pelan motor bisa agak belok2 sendiri. padahal setang ada di posisi lurus loh...
Setelah itu, saya memutuskan membawa ke bengkel resmi saat service, dan meminta ke mekaniknya untuk memperkeras suspensi depan dengan menambah oli shock. Hanya 15 ribu rupiah saja, dan saat keluar dari bengkel, saya coba lagi untuk melewati polisi tidur dengan kecepatan kurang lebih 20-30km/jam. Hasilnya, kami suka! Suara mentok khas suspensi Yamaha MX King pun hilang dan handling semakin mantap. Ya memang tingkat kelembutan bantingannya berkurang sedikit, tapi tidak masalah, setidaknya saat untuk boncengan suspensi depan tidak terlalu amblas.
Keeenam, soal kepraktisan, hmm... kalo kepraktisan ini motor memang tyidak terlalu praktis, soalnya minim penyimpanan. Penyimpanan dibalik bagasi bisanya cuma muat buku servis, kunci, HP, sarung tangan, dan barang kecil lainnya. Jadi motor ini kalo buat kepraktisan bukan yang terbaik dibanding motor bebek lainnya. Karena hal ini sudah terlihat dari siluet samping motor ini yang tipis dibagian tengah sampai ekornya.
Ketujuh, soal kenyamanan. Ini memang yang cukup penting menurut saya, karena sebagian orang juga cari motor yang nyaman untuk sehari-hari. Untuk MX King ini setelah hampir 2 tahun, suspensinya lumayan sih, depannya terlalu empuk dan belakangnya lumayan empuk. Kadang suspensi depan ini suka mentok kalo menghajar polisi tidur yang lumayan kenceng. Namun seperti yang saya jelaskan di poin kelima tadi, suspensi saya perkeras lagi, supaya handling lebih baik.
Mungkin itu dulu ya teman2. Semoga saya bisa cepet perbaiki apa yang salah pada motor saya maupun Artikel ini. Oke, Sekian dan Terimakasih ya Teman-Teman, maaf kalo tulisannya belepotan :-)
Mungkin itu dulu ya teman2. Semoga saya bisa cepet perbaiki apa yang salah pada motor saya maupun Artikel ini. Oke, Sekian dan Terimakasih ya Teman-Teman, maaf kalo tulisannya belepotan :-)
Persenelengnya kadang suka nyangkut dari gigi 1 ke gigi 2 malah nyangkut di Netral.
BalasHapusAda juga starter nya lebih lama daripada biasanya, kadang dipencet 5 detik baru lama. Biasanya 1 detik sudah lama
Wlopun sya pnggemar Honda (krna punya jg cmn itu)😅😅
BalasHapusTp emg ane akui ini bebek trbaik bung, gen mesin vixion standard itu suaranya pling sexy. .
Hehehe bener bro, kalo dibandingin, suaranya lebih ngebass gitu, jadi terasa gagah dikit... 😂
HapusBaru join, baru pakai 7 bulan. Mungkin dapet unit yang bagus kali ya, sejauh ini belum ada keluhan apa-apa2
BalasHapusWah mantap dong bro, entah saya dapet unit bagus atau nggak, yang jelas pas setahun pertama dipake, cuma ada satu keluhan yaitu transmisinya yang agak keras pas ngoper dari Netral ke gigi satu atau Netral ke gigi dua,
HapusBentar lagi satu tahun, overall emang enak MX King ini. Tinggal rajin2 perawatan aja haha,, sekarang jadi rajin memodifikasi. Yang ini yang itu..
HapusSaya pingin beli, tapi teman yang punya bengkel gak recommended karena karena ada kerusakan spare part nya mahal dan sulit perbaikan nya
BalasHapusJadi bingung
Memang benar sih, tapi semua motor juga ada part2 mahalnya, misalnya motor MX King, yang rentan rusak adalah komstirnya. Sedangkan Satria FU milik kakak saya dulu katup(Valve) nya sampe bengkok. Sebenernya tergantung pemakaian sih, kalo sering lewat jalan rusak bisa cari alternatif lain hehehe
HapusPadahal sebenarnya MX King itu motor 150cc yang paling terjangkau dikelasnya (21,5juta kalo gak salah) sedangkan Supra GTR150 lebih mahal lagi (22,5juta kurang lebih). Dan penjualan Yamaha MX King seringkali jadi nomor satu dikelasnya. Soalnya sering dibahas di blog otomotif.... Hehehe
Kesimpulannya so far so good ya pakai MX King 150
HapusKarena review di Kaskus ada keluhan beberapa rider di schock depan...
Alhamdulillah barusan dapat Mx King 150 tahun 2016 STNK Februari 2019 (baru) seharga Rp. 12.200.000 fisik mulus sekali
HapusKM 18.950
Terima kasih advice nya mas
Bentar lagi satu tahun, overall emang enak MX King ini. Tinggal rajin2 perawatan aja haha,, sekarang jadi rajin memodifikasi. Yang ini yang itu..
BalasHapusMaap salah tempat komennya
BalasHapusOli nya Motul atau Shell Advance Ultra, bensin Pertamax atau Super Shell. Ganti filter oli cukup 1 tahun 1 x gpp kalo menurut gua sih. Asalkan oli nya itu. Dan jgn lupa bersihin filter udara. Pengaruh speed lho. Ok sip
BalasHapusAne Bru sebulan pke MX king..hmm bagi pengalaman nya.ganti oli .filter oli.filter udara di kilometer brp..trmk tr
BalasHapusSdh 2 thn pakai mx king sdh 2 x masuk di bengkel resmi,tp belum ada yg dapat keluhanku...
BalasHapusTersendat2 kalo jalan pelan2 macam kehabisan bensin.
Terus kalo lari 80 suaranya hhmmmmm auuuu hhhhhhmmmm auuuu.
Ada solusi?
Sdh 2 x service injeksi paket lengkap dan sdh ditangani kepala mekanik,sy jg sdh kasih tangkinya carbon cleaner,tp masih tersendat2.
HapusBikin capek krn kaya' naik odong2.
Terasa di kisaran 20-30 km/jam.
HapusApalagi pas macet di di gigi 1,tersendat pas tarik gas pelan2.
Terasa di kisaran 20-30 km/jam.
HapusApalagi pas macet di di gigi 1,tersendat pas tarik gas pelan2.
Coba ganti busi iridium bro. Mx King itu motor enak dan murah klo beli seken. Ciri khas Mx dr dulu yg ga ilang" adlh suara kasar pada seker saat putaran tinggi tp itu normal kata mekanik yamaha
HapusSama cek rantai + gir, itu jg bisa pengaruh jln tersendat krn sdh tidak simetris lg. Pernah ngalamin begitu aku pikir krn injektor kotor, pas ganti gir set gejala sebdat berkurang 70%. Mx king emang boros rantai + gir. Beda sm mx generasi awal yg msh 135cc lbh awet
HapusSlamat pagi mas bro
BalasHapusBolehkah saya tau
Sya juga pengguna mx king
Knapa sh klw misalkan lg dikebut dia nglotok....?
Nah motor saya pun juga begitu. Setelah di diagnosa, penyebabnya ada di tensioner sama rantai keteng. Setelah diganti ke bengkel resmi akhirnya suara klotok2nya ilang. Tapi biayanya lumayan juga hehe
HapusPosisi klas, ayo metu
BalasHapusLagi males metu i
HapusSaya pakai mx king 150 beli th 2017.. cuma skrg kalo lewat jalan rusak bunyi berisik kayak barang rongsokan gitu... itu kenapa yaa.. biasanya
BalasHapusBanyak keluhan ternyata
BalasHapusPadahal baru beli
Saya juga pake motor mx king udah satu bulanan baru beli bekas tapi masih mulus motor ya, kemari ijek lubang ban depan ya terus setang ya agak goyang kira" kalau ganti kom ya brpa ya bro servis ya
BalasHapusSaya pake MX king 2019 tapi belakangan ini ,klo lagi ngerem pas turunan atau pas ada polisi tidur ada suara pletuk-pletuk dari suspensi depan ,itu kenapa ya ??
BalasHapusUdh cek komstir aman dan laher masih baru
Mohon infonya
Memang bawaan gitu om Bro ... Jadi perlu teknik super halus agar tidak bunyi pletuk - pletuk ... Hehehehe
Hapus